Laman
menu
Kamis, 15 April 2010
METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN
Mengembangkan kemampuan mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri
berpusat pada peserta didik
mengembangkan kreatifitas
menciptakan kondisi keingintahuan warga belajar
menyediakan pengalaman yang beragam
menciptakan keseimbangan pengembangan moral,
Berbasis Vokasi (kewilayahan )
berbasis PAKEM (Pendidikan Aktif Kreatif Edukatif Menyenangkan )
Strategi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan
• TUTORIAL
• TATAP MUKA
• TUGAS MANDIRI
Perbandingan 1 JP Tatap muka = 2 JP Tutorial = 3 JP tugas mandiri (JP = Jam pelajaran )
TATAP MUKA
- Mempelajari semua materi
- Tutor dan semua Warga Belajar (WB ) bertemu
TUTORIAL
- Mempelajari materi
yang dianggap sulit
- Tutor bertemu WB yang
memiliki kesulitan
Tugas mandiri
WB mengerjakan tugas yang diberikan tutor untuk melengkapi pemahamana WB
-Tutor memberikan tugas mandiri
- Tutor memberikan batas waktu tugas selesai
- Tutor mengkoreksi hasil tugas dan memberikan umpan balik
(by : tefrino)
Definisi Belajar Mandiri Menurut Beberapa Pakar
Dodds , 1983
“Belajar mandiri merupakan suatu sistem belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar sendiri dari bahan cetak, program siaran dan bahan rekaman yang telah disiapkan sebelumnya”
Menunjukkan adanya kendali belajar serta penentuan waktu dan tempat belajar ada pada diri siswa yang belajar
Pannen dkk., 2001
•Ciri utama belajar mandiri adalah adanya pengembangan kemampuan siswa untuk melakukan proses belajar yang tidak tergantung pada faktor guru, teman, kelas dll
•Peran tutor dalam pembelajaran mandiri;
memfasilitasi, mengkomunikasikan dan mendukung siswa dalam menggunakan keterampilan yang telah mereka miliki
Rusman
Tutorial adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan dan motivasi agar para peserta didik secara intelektual mampu untuk menentukan/ mengkonstruksikan sendiri konsep/ teori yang sedang dikaji melalui penafsiran yang dilakukan dengan berbagai cara (praktek).