SELAMAT DATANG DI BLOG SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA PANGKALPINANG



menu

Kamis, 15 April 2010

METODOLOGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESETARAAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Mengembangkan kemampuan mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri

berpusat pada peserta didik
­ mengembangkan kreatifitas
­ menciptakan kondisi keingintahuan warga belajar
­ menyediakan pengalaman yang beragam
­ menciptakan keseimbangan pengembangan moral,
Berbasis Vokasi (kewilayahan )
berbasis PAKEM (Pendidikan Aktif Kreatif Edukatif Menyenangkan )

Strategi Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan

TUTORIAL
TATAP MUKA
• TUGAS MANDIRI

Perbandingan 1 JP Tatap muka = 2 JP Tutorial = 3 JP tugas mandiri (JP = Jam pelajaran )

TATAP MUKA
- Mempelajari semua materi
- Tutor dan semua Warga Belajar (WB ) bertemu

TUTORIAL
- Mempelajari materi
yang dianggap sulit
- Tutor bertemu WB yang
memiliki kesulitan

Tugas mandiri
WB mengerjakan tugas yang diberikan tutor untuk melengkapi pemahamana WB
-Tutor memberikan tugas mandiri
- Tutor memberikan batas waktu tugas selesai
- Tutor mengkoreksi hasil tugas dan memberikan umpan balik
(by : tefrino)

Definisi Belajar Mandiri Menurut Beberapa Pakar


Dodds , 1983
“Belajar mandiri merupakan suatu sistem belajar yang memungkinkan siswa dapat belajar sendiri dari bahan cetak, program siaran dan bahan rekaman yang telah disiapkan sebelumnya”
Menunjukkan adanya kendali belajar serta penentuan waktu dan tempat belajar ada pada diri siswa yang belajar

Pannen dkk., 2001
•Ciri utama belajar mandiri adalah adanya pengembangan kemampuan siswa untuk melakukan proses belajar yang tidak tergantung pada faktor guru, teman, kelas dll


•Peran tutor dalam pembelajaran mandiri;
memfasilitasi, mengkomunikasikan dan mendukung siswa dalam menggunakan keterampilan yang telah mereka miliki

Rusman
Tutorial adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan dan motivasi agar para peserta didik secara intelektual mampu untuk menentukan/ mengkonstruksikan sendiri konsep/ teori yang sedang dikaji melalui penafsiran yang dilakukan dengan berbagai cara (praktek).