SELAMAT DATANG DI BLOG SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA PANGKALPINANG



menu

Jumat, 18 Juni 2010

TUTORIAL



Kegiatan Tutorial

Pendahuluan
• Menyiapkan kondisi pembelajaran agar peserta didik terlibat baik secara psikis maupun fisik sehingga siap mengikuti proses pembelajaran.
• Mencatat kehadiran peserta didik
• Menyampaikan tujuan tutorial.

Kegiatan Inti
Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik dan psikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Yang dilakukan Tutor;
• Mengidentifikasi materi-materi yang sulit bagi peserta didik
• Bersama peserta didik membahas materi
• Memberikan latihan sesuai dengan tingkat kesulitan yang dialami setiap peserta didik
• Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
• Memfasilitasi terjadinya interaksi antara peserta didik serta antara peserta didik dengan pendidik, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
• Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
• Memberikan balikan dan penguatan.


Kegiatan Penutup
Yang dilakukan Tutor;
• Bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/kesimpulan pelajaran
• Bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
• Melakukan penilaian terhadap egiatan pembelajaran yang telah dilakukan
• Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
• Memotivasi peserta didik untuk mendalami materi pembelajaran melalui kegiatan belajar mandiri
• Melakukan kegiatan tindak lanjut melalui layanan konseling dan/atau memberikan tugas terstruktur baik secara individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
• Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan tutorial berikutnya