SELAMAT DATANG DI BLOG SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA PANGKALPINANG



menu

Jumat, 04 Juni 2010

Pengembangan bahan ajar Pendidikan kesetaraan Paket C


Pengertian bahan ajar
Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan pamong belajar untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
bahan ajar harus
sesuai :
1.tuntutan kurikulum,
A. Analisis Kebutuhan Bahan Ajar
1.Analisis SK-KD
2.Analisis Sumber Belajar
3.Pemilihan dan Penentuan Bahan Ajar
2.karakteristik sasaran,
3.tuntutan pemecahan masalah belajar.

Tujuan menyusun bahan ajar :
•Menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan warga belajar , yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial warga belajar (berbasis vokasi ).
•Membantu warga belajar dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh.
•Memudahkan pamonr belajar dalam melaksanakan pembelajaran.

Manfaat menyusun bahan ajar bagi pamong belajar
1.Diperoleh bahan ajar yang sesuai tuntutan kurikulum dan sesuai dengan kebutuhan warga belajar ,
2.Tidak lagi tergantung kepada buku teks yang terkadang sulit untuk diperoleh,
3.Memperkaya karena dikembangkan dengan menggunakan berbagai referensi dan bisa berbasis vokasi
4.Menambah khasanah pengetahuan dan pengalaman pamong dalam menulis bahan ajar,
5.Membangun komunikasi pembelajaran yang efektif antara pamong dengan warga belajar karena akan merasa lebih percaya kepada pamongnya
6.Menambah angka kredit ataupun dikumpulkan menjadi buku dan diterbitkan.
7. Dapat mengatur bahan yang akan di tutorialkan dan merancang tugas mandirinya

Manfaat bahan ajar bagi warga belajar
1.Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik.
2.Kesempatan untuk belajar secara mandiri dan mengurangi ketergantungan terhadap kehadiran pamong .
3.Mendapatkan kemudahan dalam mempelajari setiap kompetensi yang harus dikuasainya

Prinsip pengembangan bahan ajar

1.Mulai dari yang mudah untuk memahami yang sulit, dari yang kongkret untuk memahami yang abstrak,
2.Pengulangan akan memperkuat pemahaman
3.Umpan balik positif akan memberikan penguatan terhadap pemahaman siswa
4.Motivasi belajar yang tinggi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan belajar
5.Mencapai tujuan ibarat naik tangga, setahap demi setahap, akhirnya akan mencapai ketinggian tertentu.
6.Mengetahui hasil yang telah dicapai akan mendorong siswa untuk terus mencapai tujuan

Jenis jenis bahan ajar
1.Bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, model/maket.
2.Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio.
3.Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
4.Bahan ajar multimedia interaktif (interactive teaching material) seperti CAI (Computer Assisted Instruction), compact disk (CD) multimedia pembelajarn interaktif, dan bahan ajar berbasis web (web based learning materials).